Tuesday, May 15, 2012

Kusebut kita "Rumah"

 Rumah bukan sekedar gedung bertingkat atau tumpukan papan beratapkan seng bebas. Ia lebih daripada itu. Sebuah ruang dan tempat di mana segala kejadian menjadikannya indah. Rumah bukan sekedar penggabungan semen, dinding, lantai marmer, dengan chandelier kristal dari jaman Medieval. Rumah berarti lebih luas. Dan lebih dalam daripada itu.
Sebuah rumah lengkap bukan hanya karena ia berpintu dan berjendela, melainkan lengkap karena sebuah kesatuan yang utuh tanpa bercela. Rumah itu... aku, kamu, ia, dan mereka... kita adalah rumah.
Rumah adalah keluarga, komunitas, tempat menggila, tempat bebas, dan 'berkas' bukti sejarah hidup.


Kusebut kita rumah karena aku bertemu aku, kamu, ia, dan mereka. Aku bertemu kita
Aku bertemu dengan diriku sendiri. Mengamati segala seluk beluk sisi ruang dalam jiwa terdalam. Yang gelap maupun terang, yang lapang maupun sempit. Mengenali segala bentuk dan 'renovasi' yang terjadi. Mengahadapi segala 'kerusakan' dan melakukan 'perbaikan'
Di dalam rumah, aku bertemu kamu-kamu yang menerima aku apa adanya. Yang mengetahui aku dari sudut sebesar 360 derajat. Menyeluruh. Seperti keset kaki yang bertahun-tahun di depan pintu. Menunggu dengan setianya, tak peduli apa yang akan kubawa di bawah sol sepatuku. Sisa permen karet, atau tanah becek.
Di dalam rumah, aku bertemu ia yang menyentuhku di depan 'pagar-pagar' rumahku. Bagai semak liar yang merambat masuk. Ia yang asing yang ingin berkunjung, membuat rumahku semakin indah dan kaya dengan duri-durinya maupun keindahannya.
Di dalam rumah, aku bertemu mereka yang kusebut komunitas. Bagai burung-burung yang hinggap menumpang makan di halaman. Membuat rumahku terasa hidup dan ramai.
Di rumah itu... aku bertemu kita.
Kesatuan utuh yang tak berbatas dan bercela. Walaupun komplit dengan segala keterbatasannya.
Justru itu yang kusebut rumah.
Sebuah rumah dalam artian yang jauh dari sekedar gedung bertingkat yang terlihat megah.
Sebuah rumah yang membuatku berkata "aku sudah pulang"


Terima kasih ...
CVB


Behind the notes:
Akan dilanjutkan dalam 7bulanan

to be continue....
  

No comments:

Post a Comment