Friday, September 2, 2011

Lestarikan Musik Indonesia dengan "Trio Lestari"!!!! - Serial Lelaki episode 2

Mendengar kata lestari, kita lalu tidak sungkan-sungkan untuk menghubungkannya dengan musik tanah air yang makin "aduhai", "kemayu", "mendayu-dayu", seangkatan dengan band-band Indonesia beraliran musik Melayu. Bukan jelek, namun... yah begitulah... hahahhaa
Trio Lestari ini lahir di tahun 2011, bukan untuk menjual popularitas, namun menjual ide jelas salah satu personilnya. Trio Lestari adalah kolaborasi 3 penyanyi yang kata mereka "musiknya, musik untuk menengah ke atas... makanya kita pake nama lestari, biar lebih modest aja...dan bisa mencakup semuanya karena musik itu milik semua orang." Begitulah cikal bakal kelahiran nama Lestari yang diprakarsai oleh Tompi, Sandy Sandhoro, dan Glenn Fredly.
Trio Lestari: image from here


3 Manusia ini Ajaib dengan alasan sebagai berikut:
1. Mereka miliki suara yang unik
2. Mereka berani mengintepretasikan kreativitas mereka dengan tidak sungkan-sungkan
3. Mereka itu K.O.N.Y.O.L...
Kalau melihat pertunjukan mereka itu bak menonton konser musik dan juga lawak. Lagu-lagu yang mereka bawakan luas. Tentunya, masing-masing membawa lagu-lagu jagoan masing-masing. Lalu, mereka mengikutsertakan lagu-lagu lawas, hingga lagu yang masih panas di telinga akhir-akhir ini. Kolaborasi ini dipertunjukan dalam sebuah konser tour ke beberapa kota.



Konsep konser yang mereka tawarkan adalah talkshow, lawak, dan "enjoy aja." Tidak ada koreografi, jika ingin joget, silahkan. Jika ingin ganti baju, biarin teman yang lain yang bakal menyanyi walaupun nggak hafal lirik. Mau nge-joke, monggo. Mau T-scatting, ayooo. Mau ngobrol, mau saling ngeledek, mau apa aja itulah konsep pertunjukkan tiga laki-laki ini. Lagu-lagu yang mereka bawakan tentunya lebih memiliki sentuhan jazz mengingat akar mereka yang lebih condong ke jenis musik ini. Sentuhan jazz ini tercipta dibantu oleh saxist - Nicky Manuputty. Ditambah suara mereka yang memang sudah dari sananya memiliki warna-warna tersendiri, pertunjukan mereka sederhana namun kaya.

Ini salah satu contoh kekompakkan dan kreativitas mereka :)


I heart you (originally by SM*SH)

Menurut aku tentu tidak ada salahnya para boyband atau Band-band Melayu menjadi terkenal dan disukai masyarakat banyak. Karya mereka bukan berarti jelek. Selera masing-masing itu relatif. Tidak ada takaran ataupun ukuran. Seperti kata trio lestari, "musik itu milik semua orang." Ide inilah yang harus dipahami baik pihak yang mencela atau pihak yang mencintai genre musik tertentu. Mari kita lestarikan musik Indonesia dengan Mengapresiasi juga orang-orang dengan seleranya masing-masing. Musik itu bukan zona perang, musik itu hobi. Musik itu individu. Musik itu hidup. Musik itu sahabat...


CVB

No comments:

Post a Comment