Thursday, March 6, 2014

Surat kepada mereka yang sedang ragu akan iman kepercayaannya...

Kepada mereka yang sedang ragu akan iman (Katolik) nya...

Hai teman,
Aku menulis ini bukan untuk menggurui atau menyalahkanmu. Aku menulis ini untuk berbagi cerita. Aku tidak mengatakan bahwa Katolik yang paling benar, semua orang apapun agamanya bisa merasakan apa yang aku rasakan ketika mengetahui ada salah satu saudaranya yang ingin merubah agamanya. Ketahuilah bahwa agamamu adalah pilihan hatimu. Berbicara tentang imanmu bukan hak ku... aku hanya sedih mengetahui kamu sedang ragu2 terhadap imanmu...

Teman, aku cuma ingin berbagi cerita...
Katolik itu seperti sastra. Katolik menelaah teks Kitab suci, mencampurnya dengan fakta, meraciknya dalam doa, dan berjalan bersama zaman. Kadang terlihat mengada-ada atau melenceng dari kitab suci. Kadang terlihat seperti menyembah berhala. Itu karena mereka hanya melihat... tidak mengetahui...Tapi, Katolik tidak diciptakan semata-mata dari imajinasi. Namun dari interpretasi yang mendalam.

Katolik nemahami seperti apa manusia itu. Mengetahui kebutuhannya dan tidak memaksakan sesuatu yang melewati batas kemanusiaan. Katolik tidak memisahkan orang hidup dan mati karena kita adalah Gereja; perkumpulan umat Allah yang beriman. Baik hidup dan mati. Katolik tidak ingin menghilangkan budaya ataupun identitas seseorang karena itu adalah anugrah Tuhan...

Pengakuan dosa...
Api penyucian...
Bunda Maria...
Orang kudus ...
Tritunggal Mahakudus...
Konsekrasi...
Adalah keindahan yang mungkin susah dimengerti olehmu atau org lain...

Mungkin homili pastor membuatmu mengantuk... mungkin misa membuatmu bosan... namun ketahuilah... Katolik lebih daripada itu...

Dan ya... Gereja Katolik juga mempunyai sejarah gelap. Namun, dengan iman, Katolik bertumbuh. Dalam doa, Katolik berjalan.

Teman, apapun pilihanmu... aku hanya berharap... kamu diberi kesempatan untuk menikmati misa seperti yang kurasakan. Terharu ketika doksologi didoakan. Tersentuh dengan sakramen pembabtisan, pernikahan, imamat, maupun minyak suci...dan akan selalu ditenangkan dengan rosario.

Mungkin kamu merasa ragu karena kamu belum "mengenal" Katolik secara utuh... dan aku berdoa kamu diberi kesempatan. Kalaupun kamu tetap memutuskan untuk memilih agama lain... aku tidak akan menyalahkanmu. Tidak ada yang salah denganmu. Tidak ada yang salah pula dengan Katolik. Karena mungkin saja... waktu dan ruang belum setuju mempertemukanmu dengan keindahan dan kedalaman Katolik.
Aku bahkan tidak mau kamu bertahan di Katolik hanya karena memikirkan keluargamu ataupun tradisimu. Karena iman tidak diukur oleh itu.
Namun aku berdoa... kamu diberi kesempatan untuk menikmati semua keindahan yang aku rasakan sebelum kamu memutuskan pilihan terhadap agamamu...

Teman, semoga kamu juga berdoa dalam hening biar Tuhan bisa membisikkan kepadamu, jalan mana yang harus kamu ambil :)
Karena tetap saja... Tuhan itu satu...
Agama hanyalah jalan penuntun untuk kamu mengenalNya... dan lebih dekat denganNya... jika ia berkata bahwa kamu bisa lebih mengenalNya dari agama lain maka kehendakNyalah yang terjadi...

Semoga... kamu dibebaskan dari keragu-raguan sesegera mungkin...
Dan kepadamu juga yang sedang ragu akan imanmu, apapun agamamu. Aku berdoa semoga kamu juga diberi kesempatan untuk bisa menikmati dan merasa nyaman dengan agamamu... dan yang paling penting bisa lebih dekat denganNya

Tuhan memberkati dan menyayangimu...

CVB

No comments:

Post a Comment